Selasa, 27 Februari 2018

Manfaat Kesehatan Dari Kembang Kol Yang Sulit Untuk Dipercaya

Selamat datang di blog kesehatan Penikmat Herbal, Bertemu lagi bersama saya obatherbalnusantara.com- Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang manfaat kesehatan dari kembang kol yang munkin sulit untuk dipercaya. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kembang kol ini, karna kembang kol sangat mudah ditemukan dimanapun anda berada, selain rasanya yang enak dan bentuknya yang unik, ternyata kembang kol juga memiliki Manfaat luar biasa untuk kesehatan. Untuk penjelasan lengkapnya mengenai manfaat kesehatan dari kembang kol, Mari kita simak penjlasannya dibawah ini.


Apa itu kembang kol?

Kembang kol adalah sayuran silangan yang termasuk dalam famili Brassicaceae , yang meliputi brokoli , kangkung, dan kol . Ini berasal namanya dari kata Latin ' caulis ' yang berarti kubis dengan bunga. Kuntum bunga di kepala kembang kol, juga dikenal sebagai curd , dikelompokkan kuat dan terdiri dari kuncup bunga muda yang melekat pada tangkai pusat. Untuk melindungi rasa dan kelembutan kepala kembang kol, mereka dijauhkan dari sinar matahari untuk mencegah perkembangan pigmen klorofil dan kematangan matang.

Hal ini dianggap Asia kuno namun muncul kembali di wilayah Mediterania, Turki, dan Italia pada tahun 600 SM. Sekitar pertengahan abad ke -16, sayuran ini mendapat pengakuan di Prancis dan Eropa Utara. Saat ini, India , China, Italia, Prancis, dan Amerika Serikat termasuk produsen kembang kol tertinggi di seluruh dunia.

Fakta Nutrisi Kembang Kol

Kembang kol adalah sumber kaya vitamin C , folat, vitamin K , vitamin B kompleks dan vitamin E. Ini menyediakan mineral vital seperti kalsium , magnesium , fosfor, kalium , seng , sodium dan zat besi tanpa menambahkan kolesterol berbahaya. Ini adalah sumber protein yang baik, sejumlah besar fitokimia, lemak tak jenuh, dan asam lemak omega-3 yang penting dan mengandung lemak yang sangat banyak. Ini juga menyediakan serat makanan dan mengandung sejumlah gula alami yang lebih sedikit dibandingkan dengan anggota keluarga kerabat lainnya, seperti brokoli. 

Ini Menarik:



Jenis kembang kol

Kembang kol tersedia dalam empat kelompok utama: Asia, Italia, barat laut Eropa dua tahunan, dan Eropa utara annuals, diwakili oleh lebih dari seratus varietas. Selain putih, juga ada beberapa warna lain yang disebutkan di bawah ini.
  • Hijau : Kembang kol hijau disebut sebagai broccoflower. Ini bisa ditemukan dalam bentuk berbentuk dadih normal dan juga dalam varian runcing yang disebut brokoli Romanesco.
  • Ungu : Kelompok antioksidan, antosianin, hadir dalam kembang kol ungu memberi warna varietas ini.
  • Jeruk: Kembang kol jeruk sangat bergizi dan mengandung vitamin A dalam jumlah sangat besar, dibandingkan dengan varietas putih.

Manfaat Kesehatan Kembang kol

Mari kita lihat beberapa manfaat penting penting dari kembang kol secara rinci:

Mencegah Stres Oksidatif

Kembang kol mengandung vitamin C, mangan , dan antioksidan kuat lainnya yang membantu memberi makanan ke tubuh. Ini juga mengandung phytochemicals, yang disebut indoles dan glucosinates, yaitu glucobrassicin, glucoraphanin, dan gluconasturtiin. Komponen ini merangsang enzim pemblokiran kanker dan melindungi sel tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular


Konsumsi kembang kol secara teratur memastikan sirkulasi darah dan membantu dalam menjaga berfungsinya pembuluh darah dengan benar, yang dapat dikaitkan dengan adanya glucoraphanin dan vitamin K. Glucoraphanin diubah menjadi isothiocyanates yang mengaktifkan aktivitas anti-inflamasi dan mencegah penumpukan lipid di pembuluh darah. Ini membantu aliran darah yang tidak terhalang, yang mengurangi risiko kondisi seperti aterosklerosis dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Penelitian juga membuktikan bahwa fungsi antitrombotik dan antiplatelet Indole-3-carbinol, yang ditemukan dalam kelimpahan kembang kol, berkontribusi secara signifikan terhadap kesehatan jantung.

Menyembuhkan kolitis

Studi telah menyarankan bahwa ekstrak dari kembang kol memberikan efek anti-inflamasi pada gejala kolitis ulserativa. Efek protektif ini dapat dikaitkan dengan adanya phenethyl isothiocyanate, yang memberikan efek penyembuhan pada kerusakan yang terjadi pada jaringan usus besar dan epitel kolon.

Mencegah Stroke

Konsumsi daging putih buah dan sayuran seperti kembang kol membantu mengurangi risiko stroke, karena adanya senyawa allicin, yang juga membantu pembersihan hati dan darah.

Cara Memilih Dan Menyimpan Kembang Kolom?

Kembang kol dengan kuntum putih yang bersih, dikemas rapat, dengan daun hijau cerah adalah yang terbaik untuk dipetik. Kuning, kuntum bunga dengan daun kendor adalah yang tidak memiliki nutrisi dan kesegaran. Kacang berwarna gelap pada kembang kol juga bisa menunjukkan adanya penyakit jamur yang dikenal sebagai jamur berbulu halus .
Kembang kol bisa disimpan di kulkas selama 5 hari. Potong kuntum perlu dikonsumsi dalam waktu 4 hari karena tidak bertahan lama.

Wajib Anda Baca:



Resep Kembang Kol Sehat

Kembang kol adalah sayuran serbaguna yang telah menjadi favorit di kalangan kesehatan. Berikut adalah beberapa cara untuk menyajikannya:
  • Side Dish: Kandang bunga bisa dikukus atau dipanggang dengan rempah - rempah , atau bisa dijadikan pelamun kembang kol bawang putih parmesan.
  • Kuah kembang kol: Bila diparut dan dipanggang, bisa digunakan sebagai pengganti nasi rendah karbohidrat.
  • Kura-kura kembang kol atau bungkus: Pizza dan bungkus bisa dibuat sehat dengan kerak yang terbuat dari sayuran cruciferous ini.
  • Sayuran dan kemerahan: Tepung kembang kol, asin dan pucat, dapat disajikan dengan ramuan hummus atau yogurt berbasis sebagai alternatif sehat untuk keripik.
  • Pengganti daging: Sayuran dipanggang utuh dengan bumbu dan disajikan sebagai steak. Bisa juga dicelupkan ke dalam adonan telur dan digoreng bisa disajikan dengan nasi atau nugget.
  • Kembang kol tumbuk: Mash rebus kembang kol dengan yogurt untuk mendapatkan pengganti antioksidan dan lebih ringan untuk kentang tumbuk mentega.

Efek samping

Kembang kol dapat menyebabkan efek samping seperti alergi , batu ginjal, dan kelebihan gas . Hindari asupan berlebih dan hindari penggunaannya jika mengonsumsi obat-obatan seperti warfarin dan coumadin.


Gas: Kembang kol mengandung karbohidrat kompleks yang tidak terpecah seluruhnya di saluran pencernaan. Karbohidrat ini kemudian diberi makan oleh bakteri usus. Hal ini terkadang berakibat kembung dan pelepasan gas berbau harum seperti hidrogen dan karbon dioksida.

Asam urat: Kembang kol mengandung purin yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Purin rusak untuk membentuk asam urat dan asupan makanan purin yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan asam urat di dalam tubuh. Hal ini selanjutnya dapat membuka jalan bagi masalah terkait asam urat seperti batu ginjal dan asam urat .

Anafilaksis : Kembang kol dapat memicu anafilaksis pada beberapa orang, yang berarti dapat menyebabkan reaksi alergi tubuh yang parah terhadap zat. Tanda peringatan reaksi alergi tersebut meliputi pembengkakan bagian tubuh, gatal, dispnea, dan komplikasi pernafasan tertentu. Selalu disarankan untuk menghentikan asupan kembang kol dalam terjadinya gejala kritis tersebut dan segera dapatkan bantuan medis.

Interaksi obat

Warfarin: Kembang kol kaya akan vitamin K, yang dimanfaatkan oleh tubuh untuk pembekuan darah normal. Ini dapat berinteraksi dan mengurangi keefektifan antikoagulan seperti warfarin dan coumadin yang diresepkan untuk mencegah penggumpalan darah dalam tubuh. Jika Anda memakai obat antikoagulan, selalu dianjurkan untuk mendiskusikan asupan makanan kaya vitamin K seperti kembang kol dengan profesional kesehatan.

Kembang kol adalah sayuran serbaguna yang membawa rasa nikmat bersama dengan nutrisi rendah kalori untuk makanan. Dimasukkannya sayuran seperti kembang kol dalam makanan akan jauh memberikan banyak manfaat untuk hampir semua gaya hidup.

Artikel Menarik Lainya:

7 Manfaat Kesehatan Kulit Manggis

Apa Saja Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil



1 komentar:

Obat Herbal Nusantara

Penikmat Herbal

Manfaat Daging

Memeberikan Informasi tentang kesehatan dari bahan herbal dan manfaat herbal untuk mengobati dan menutrisi dalam kehidupan seharihari Anda

Popular Posts

Blog Archive