Minggu, 10 Juni 2018

https://penikmatherbal.blogspot.com/2018/06/mengetahui-ciri-ciri-penyakit-ginjal.html
Mengetahui Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal – Selamat datang di situs kesehatan https://penikmatherbal.blogspot.com. pada artikel kali ini kami akan membahas tentang ciri ciri penyakit ginjal stadium awal. Pada saat ini ginjal memiliki bermacam-macan jenis penyakit, namun yang lebih umum dan akan kami bahas disini adalah tentang penyakit ginjal kronis. Jika dilihat dari perjalanan tumbuhnya penyakit ini, awal mula penyakit ini adalah dari penyakit ginjal stadium awal hingga stadium lanjut. dan pada setiap stadiumnya terdapat tanda dan gejala yang diapat diamati.
Terkadang gejala penyakit ginjal yang belum korinis akan terasa samar. Ya terkadang gejala dan ciri ciri dari penyakit ginjal stadium awal ini tidak disadari oleh pengidapnya, hal ini disebabkan oleh gejalanya begitu ringan dan juga samar-samar. Padahal jika penyakit ini sudah diketahui sejak stadium awal, penangannya akan lebih cepat dan mudah.
Tahap CKD Keterangan GFR
Tahap 1 Minimal hilangnya fungsi ginjal 90–120
Tahap 2 Kehilangan fungsi ginjal ringan sampai sedang 60–89
Tahap 3 Kehilangan fungsi ginjal sedang sampai berat 30-59
Tahap 4 Hilangnya fungsi ginjal berat 16–29
Tahap 5
Ginjal tahap akhir
  
Gagal ginjal dan perlu dialisis atau transplantasi 15 atau kurang
Jika kita melihat dari tanda dan gejalanya, maka pada stadium awal hingga stadium 3. Di sinilah terkadangan Anda tidak menyadari bahwa ginjal Anda mulai bermasalah. Kemungkinan gejala akan muncul kemungkinan ketiak sudah memasuki tahap stadium 3, dimana ketiak pada stadium ini fungsi ginjal Anda mengalami penurunan yang sedang sampai ketahap yang berat.
Sedangkan untuk tahap stadium 3 dibagi menjadi 2 tahapan, yang pertama Stadium 3a: dimana kondisi merupakan kerusakan ginjal dengan kehilangan fungsi ginjal ringan hingga sedang, dengan hitungan pemeriksaan eGFR 45-59.  Dan yang kedua Stadium 3b: dimana pada tahap ini, kerusakan ginjal dengan kehilangan fungsi ginjal sedang hingga berat, dengan hitungan pemeriksaan eGFR 30-44.
Dalam tahap stadium 3 ini, seseorang lebih rentan dengan komplikasi penyakit seperti tekanan darah tinggi, anemia, ( kekurangan sel darah merah) osteoporosis dan berbagai masalah dengan tulang.

Berikut  ini adalah gejala dan ciri-ciri stadiium awal 

Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin akan terjadi pada tahapan penyakit ginjal stadium awal.
1. Sering merasakan lemah dan lemas
Kondisi penipisan fungsi ginjal akan menyebabkan racun dan darah Anda meningkat. Dimana dengan kondisi ini Anda akan cepat merasakan lemah, lelah, dan sulit untuk berkonsentrasi.
Karna Ginjal bisa menghasilkan hormon eritropoietin yang memberikan sinyal kepada tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Jika fungsi ginjal menurun untuk memproduksi hormon eritropoietin maka tubuh juga akan kehilangan kemampuannya untuk memproduksi sel darah merah. Maka dengan kondisi inilah kondisi tubuh akan mudah merasa lelah karena suplay oksigen yang di bawa sel darah merah ke otot dan otak akan semakin berkurang.
2. Anemia
Anemia atau kondisi dengan kekurangan darah merah di dalam tubuh juga dapat menjadi gejala stadium awal penyakit ginjal. Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu tugas ginjal adalah untuk memproduksi hormon sebagai sinyak untuk tubuh memproduksi sel darah merah. Jika sel darah merah berkurang, maka bukan hanya kelelahan yang menjadi masalah, tapi penyakit anemia pun bisa terjadi.
3. Lebih sering kencing dan kencing berbuih
Jika fungsi ginjal Anda mulai menurun, maka frekuensi kecing akan meningkat. Selain frekuensi kencing meningkat, air urine yang keluar juga biasanya akan terlihat berbusa dan hal itu membutuhkan Anda untuk flush dalam beberapa kali, Kondisi ini menandkan bahwa ginjal Anda mengalami masalah. Dan buih-buih yang keluar itu menandakan adanya kebocoran protein ke dalam urin.
Selain gejala tersebut, ada juga gejala yang mana Anda ketika Anda kecing akan merasakan seperti tertekan, biasanya seperti rasa ingin mengejan karena ada yang harus dikeluarkan secara paksa.
 4. Sulit untuk tidur malam hari
Gejala awal dari penyakit ginjal yang berikutnya adalah gangguan tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Terjadinya kesulitan tidur ini disebabkan oleh pengaruh dari ketidakseimbangan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Selain itu, merasakan selalu ingin kencing di malam hari juga dapat menjadi penyebab dari insomnia. Insonia pada gejala penyakit ginjal stadium pertama juga bisa disebabkan dari demam yang terjadi pada malam hari.
Itulah beberapa gejala dan ciri ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang harus Anda ketahui. Jika Anda atau anggota keluarga Anda mengalami gejala-gejala diatas, maka saran kami langsung memeriksakan terhadap dokter dan memastikan masalahnya seperti apa, sehingga setelah Anda mengetahui penyababnya Anda dapat mengambil tindakan untuk pengobatan. Semoga dengan adanya artikel ini memberikan alamat. 
Pos by: https://penikmatherbal.blogspot.com

Mengetahui Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal



0 komentar:

Posting Komentar

Obat Herbal Nusantara

Penikmat Herbal

Manfaat Daging

Memeberikan Informasi tentang kesehatan dari bahan herbal dan manfaat herbal untuk mengobati dan menutrisi dalam kehidupan seharihari Anda

Popular Posts

Blog Archive